Home ยป Hal yang Harus Dihindari Sebelum Melakukan Interview Kerja

Hal yang Harus Dihindari Sebelum Melakukan Interview Kerja

Interview menjadi salah satu proses yang harus dilalui jika kamu menerima panggilan kerja. Mau dari platform seperti HHRMA Bali, ataupun karena kamu melamar pekerjaan secara langsung, interview menjadi hal yang tidak bisa kamu elakkan lagi.

Grogi, itu sudah pasti. Namun sebaiknya kamu menghindari beberapa hal di bawah ini agar tidak memberikan kesan yang kurang bagus di depan HRD. Apa sajakah itu? Untuk selengkapnya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Hal yang Harus Dihindari Sebelum Interview Kerja

  1. Datang Terlambat

Wah kalau yang satu ini tentu saja merupakan hal yang harus benar-benar kamu hindari. Datang terlambat bisa membuat citra kamu tercoreng di mata HRD karena tidak mampu menghargai waktu. 

Baik interview online maupun offline, ada baiknya untuk datang 10-15 menit sebelum interview dilakukan. Selain untuk mempersiapkan diri juga agar kamu tidak tergesa-gesa dan pikiran jadi buyar.

  1. Kurang Riset

Hal yang harus kamu hindari yang selanjutnya adalah tidak riset terlebih dahulu tentang pekerjaan ataupun perusahaan tempat kamu melamar kerja. Ada banyak sekali dampak negatif yang bisa kamu rasakan akibat kurang riset, mulai tidak bisa menjawab pertanyaan saat interview, jawaban bertele-tele, hingga tidak memberikan kesan yang bagus pada HRD.

  1. Tidak Sopan

Kamu pasti pernah belajar, jika di manapun kamu berada, kamu harus sopan. Inilah yang harus kamu lakukan sebelum melakukan interview kerja. Jangan memberikan kesan yang jelek kepada HRD dengan bersikap kurang sopan, baik terhadap HRD maupun sesama calon karyawan. 

  1. Bahasa Tubuh yang Buruk

Selain menjaga sopan santun, kamu juga harus menjaga bahasa tubuh kamu agar tidak terkesan jelek. Mengapa demikian? Hal ini karena nyatanya recruiter tidak hanya memeriksa berkas-berkas yang kamu berikan saja melainkan juga memperhatikan detail kecil seperti bahasa tubuh dan mimik wajah.

  1. Menjawab Pertanyaan dengan Bertele-Tele

Hal yang harus kamu hindari selanjutnya adalah menjawab pertanyaan dengan bertele-tele. Alih-alih membuat HRD jadi bersimpati dan merekrut kamu sebagai karyawannya, menjawab pertanyaan secara bertele-tele justru tidak akan berdampak bagus. Sebab,  HRD umumnya lebih menyukai karyawan yang to the point dan fokus.

  1. Terlalu Percaya Diri

Percaya diri memang bagus dan menjadi keharusan. Tapi terlalu percaya diri tidak akan bagus saat interview kerja. HRD akan menganggap bahwa kamu adalah orang yang sok atau bahkan sombong jika terlalu percaya diri.

  1. Menjelekkan Perusahaan Sebelumnya

Jika kamu pernah bekerja sebelumnya, menjelekkan perusahaan sebelumnya tidak akan berdampak apa-apa terhadap hasil interview-mu. HRD tidak akan bersimpati kepada kamu, justru sebaliknya. 

Ada baiknya, meskipun kamu tidak menyukai perusahaan tersebut, kamu harus senantiasa bersikap baik atau setidaknya menjaga nama baik perusahaan yang telah mengantarkan kamu ke versi sekarang ini. Jangan sekalipun menunjukkannya apalagi di hadapan HRD perusahaan incaran kamu. 

Jadi, itu dia beberapa tips yang harus kamu terapkan agar lebih mudah lolos interview kerja. Semoga sukses!

Leave a Comment